Dinas Tanaman Pangan Hortikultura
Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu
Informasi / Berita/Artikel

Anggrek Pensil

  Nov 05, 2016     Admin Dis TPHP Bengkulu  

 Devisi                    : Spermathophyta

Subdivisio            : Angiospermae

Kelas                     : Monocotyledoneae

Ordo                      : Orchidales

Famili                    : Orchidaceae

Genus                   : Papillionanthe

Species                 : Papillionanthe hookeriana

HABITAT

 Habitat anggrek pensil berada di rawa-rawa. Di habitat yang asli anggrek pensil hidup menumpang pada bunga bakung (Crinum Asiaticum) tetapi anggrek ini tidak menggantungkan hidupnya pada bunga bakung.

Anggrek pensil  mempunyai warna yang indah dan menawan serta mempunyai kesegaran yang cukup tahan lama (22 hari) dan merupakan salah satu jenis anggrek di Indonesia yang dapat merebut hati masyarakat Inggris, sehingga pada tahun 1882 dinobatkan sebagai Ratu Anggrek dan mendapat hadiah First Class Certificate.

Anggrek ini pertama kali ditemukan oleh Lobb di Labuan, Kalimantan. Nama  Papillionanthe hookeriana diberikan sebagai penghormatan terhadap Sir William Jackson Hooker seorang mahaguru ahli botani yang pernah menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Kew, Inggris.

 MORFOLOGI

 Akar anggrek pensil mempunyai akar hawa, berbentuk bulat memanjang keluar dari buku batang sebanyak satu atau lebih setiap bukunya, berwarna putih suram dan hijau muda pada bagian ujungnya.

 Batang berbentuk bulat beruas-ruas 4-5 cm dan tertutup oleh seludang atau upih yang sisinya saling berlekatan. Cabang keluar dari batang anggrek pensil dapat mencapai 2,5 m tingginya.

 Daun anggrek pensil terdiri atas upih yang berbentuk tabung  dan helaian daun yang bulat memanjang , meruncing kearah ujung seperti pensil, panjang daun 7-13 cm mempunyai warna sedikit hijau muda atau sedikit agak tua.

 Bunga besar bergaris tengah 5-6 cm, daun kelopak 3 helai yang diatas berwarna kebiru-biruan dengan urat-urat halus yang berwarna lebih gelap, kadang berbentuk bercak ungu sedangkan daun kelopak samping berwarna putih.

 Buah pada umumnya berbentuk bulat memanjang meruncing kearah tangkai buah, pinggiran bersegi, panjang 6-5 cm dengan garis tengah  2 cm. Di dalamnya terdapat ribuan bijih halus, untuk panjang tangkai buah 2,5 – 3 cm.

 TAKSONOMI

 Di Propinsi Bengkulu anggrek pensil hidup di rawa-rawa sekitar Danau Dendam Tak Sudah di dalam kawasan Cagar Alam Danau Dusun Besar yang terletak kurang lebih 3-4 Km dari pusat kota.

 STATUS PERLINDUNGAN

Anggrek Papillionanthe hookeriana menurut PP Nomor 77 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa termasuk jenis tumbuhan yang di lindungi.

 Sumber : BKSDA Prop. Bengkulu

Tentang Kami

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu merupakan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu...
Baca selengkapnya

Follow Us

Alamat

Jl. Pembangunan No. 19, Pd Harapan - Kota Bengkulu 38223
Telp: Telp. (0736) 21410-21721
Fax: (0736) 21017
Email: distphp@bengkuluprov.go.id